TETAP SATU HATI WALAU BEDA MISI

MENAHAN EMOSI AGAR TAK BERUJUNG SANKSI DAN TERHINDAR DEGRADASI
October 17, 2018
OSVALDO HAAY YANG SEMAKIN TAJAM
October 29, 2018

TKS – Pekan 26 Gojek Liga 1 akan menyajikan satu pertandingan besar. Pertemuan antara dua tim yang mempunyai sejarah panjang dan serangkaian prestasi pada era Perserikatan hingga saat ini. Pertandingan yang akan dilaksanakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali ini akan mempertemukan Persib Bandung yang akan menjamu Persebaya Surabaya. Persib yang berstatus tuan rumah terpaksa tidak bisa menyelenggarakan pertandingan di Bandung dikarenakan sanksi larangan untuk menggelar pertandingan kandang di Pulau Jawa. Ini akan menjadi pertandingan kandang kedua persib yang dilaksanakan di luar Kota Bandung pasca sanksi dari PSSI, sebelumnya Persib memilih menjamu Madura United di Stadion Batakan Kota Balikpapan. Pada pertandingan tersebut Persib harus mengakui keunggulan Madura United dengan skor 1-2. Secara keseluruhan, permainanan Persib terkesan sangat kurang greget. Tapi perlu kita ketahui juga, saat itu Persib tidak diperkuat 7 pemain inti mereka yang biasanya sering menghiasi starting eleven Persib. Mulai dari akumulasi hingga sanksi yang diterima Trio pemain asing mereka.

Pada pertandingan yang akan dihelat hari Sabtu 20 Oktober 2018, kedua tim tidak dalam keadaan terbaik, baik Persib ataupun Persebaya masih terus mencari komposisi terbaik untuk kekuatan tim masing masing. Kedua tim akan bertanding dengan ambisi yang cukup besar untuk saling mengalahkan. Persib yang masih berada dipuncak klasemen otomatis ingin mengamankan 3 poin dari Persebaya. Selain untuk tetap berada dipuncak klasemen, selisih poin tim yang berada dibawah Persib cukup tipis. PSM Makassar yang berada diposisi 2 hanya berselisih 1 poin, dan Persija diposisi ketiga dengan selisih 3 poin.

Kendala bagi Persib mungkin absennya para pemain mereka yang terkena sanksi dari PSSI , itu cukup merugikan tim. Tanpa meremehkan pemain lainnya, kualitas dan kontribusi tiga pemain asing Persib yang terkena sanksi cukup baik. Mereka selalu menjadi pilihan utama di Persib, Bojan dengan tangguhnya menjaga pertahanan hingga duet haus gol Bauman dan N’Douassel yang selalu bergantian menyumbang gol untuk Persib.

Di kubu tim tamu, Persebaya Surabaya sedang dalam posisi yang cukup yang kurang baik. Kekalahan beruntun yang mereka dapat saat away melakoni partai sengit dan panas melawan Arema dan menjamu Borneo di Surabaya pada minggu lalu secara tidak langsung akan mempengaruhi kepercayaan pemain dan seluruh tim. Dua kekalahan beruntun  tersebut memaksa persebaya tetap berada dipapan bawah, tepat 2 tingkat diatas zona degradasi dan selisih poinnya pun tidak terlampau jauh hanya selisih 1 poin. Selain tren penampilan yang tidak kunjung membaik, lawatan Persebaya ke Bali kali ini juga tanpa skuad komplet. Dua pemain asing yang sekaligus menjadi motor serangan dan mesin gol Persebaya, David da Silva dan Robertino Pugliara terpaksa absen karena cidera yang mereka alami bahkan Robertino Pugliara dipastikan akan absen sampai akhir musim akibat cedera yg dialaminya ketika mendapat tekel yang sangat keras dari pemain Borneo FC minggu lalu. Berbekal pengalaman Djanur yang pernah menukangi Persib hingga membawa Persib juara, Persebaya berharap Coach Djanur dapat sedikit banyak mengetahui karakter permainan Persib yang akan membuat Persebaya sedikit mengantisipasi dan mengatasi permainan Persib.

Kita sudah tidak sabar menunggu kick off pertandingan Persib v Persebaya, dimana kedua tim sama sama membutuhkan poin maksimal untuk mengamankan posisi masing-masing karena dengan kemenangan yang diraih, praktis persib akan sedikit mengamankan selisih poin dengan pesaingnya dalam perebutan Juara sebaliknya dengan kemenangan yang diraih, Persebaya agak sedikit menjauh dari Zona Degradasi setelah beberapa pekan ini tim berjuluk Bajol Ijo tersebut nyaman berada dipapan bawah.

Cukup disayangkan memang pertandingan besar seperti ini tidak dapat di hadiri oleh kelompok suporter kedua tim, baik Bobotoh/Viking dikubu Persib dan para BONEK yang selalu fight dalam mendukung tim kebanggaannya saat bermain kandang maupun tandang. Namun semua sudah diputuskan oleh PSSI, Federasi tertinggi sepakbola Indonesia. Sanksi yang dijatuhkan PSSI untuk Persib Bandung cukup berat, sangat berat. Mungkin inilah salah satu bentuk ujian bagi Persib untuk bisa bersaing memperebutkan Juara. Dibawah bayang-bayang sanksi yang didapat, skuad yang dimiliki Persib cukup baik dan memiliki mental juara. Persib wajib membuktikan jika mereka masih bisa jadi yang terbaik. Semoga pertandingan ini hanyalah sebuah pertandingan yang melibatkan pertarungan pemain diatas lapangan dan sampai kapanpun jangan pernah menodai atau menghancurkan persaudaraan ini, Persaudaraan Persib dan Persebaya, Bonek dan Bobotoh tak terkecuali Kota Surabaya dan Kota Bandung.

Apapun Hasilnya Kalah-Menang Itu Biasa, Persaudaraan Itu Yang Luar Biasa

Salam Satu Nyali ! Wani ! (RWS)

 

 

error: Content is protected !!