Persebaya, Buatlah Kami Bangga !

Laga Terakhir Liga, Buat Kami Bangga !
December 8, 2018
KETIKA KERETA MENGABAIKAN HAK PENUMPANGNYA
January 2, 2019

TKS – Akhir-akhir ini dunia persepakbolaan indonesia lebih marak dengan isu Match Fixing dan Mafia Bola dibanding kapan mulai digulirkannya kompetisi musim 2019. Tentu harus diapresiasi kinerja lembaga kepolisian dalam mengusut tuntas bobroknya federasi yang sudah level stadium 4 tapi jangan dilupakan kewajiban PSSI sebagai otoritas sepakbola tertinggi PSSI untuk menggelar kompetisi dari level amatir hingga profesional  karena menyangkut hajat banyak orang. Disaat negara-negara tetangga sudah bersiap diri untuk musim 2019 dan gelaran Piala Asia 2019, Indonesia masih berputar-putar dalam penentuan jadwal hingga regulasi kompetisi.

Klub tetangga asal Pulau Garam Madura United menjadi tim yang paling serius dalam perburuan juara kompetisi musim depan. Beberapa nama terkenal didatangkan seperti kiper ketiga timnas M. Ridho yang akan bersaing dengan kiper muda Satria Tama, Andik Vermansyah berlabel bintang didatangkan untuk memperkuat lini serang serta beberapa pemain lama dipertahankan oleh Haruna Cs. Lantas Persebaya sudah sejauh mana ? klub yang penuh sejarah tersebut masih ” Anteng-Anteng ” saja dalam mempersiapkan tim. 4 pemain internal buruan utama satu persatu lepas ke klub kompetitor. Taufiq memilih bertahan di Bali United, Andik Vermansyah menandatangani kontrak dengan Madura United, Evan Dimas berlabuh ke Barito Putera dan Hansamu Yama kemungkinan tidak akan merapat ke Persebaya. Hal tersebut yang merisaukan buat Bonek-Bonita karena klub-klub pesaing sudah bergerak selangkah lebih maju dalam mempersiapkan tim.

 

Hormati Keputusan Manajemen, Dengarkan Suara Suporter

Manajemen memang memiliki hak yang paling mutlak dalam memutuskan segala sesuatu hal di dalam tim termasuk perekrutan pemain atas rekomendasi pelatih tapi jangan menutup telinga ketika suporter memberikan masukan atau aspirasi untuk dipertimbangkan. Manajemen tidak boleh memanfaatkan sisi fanatisme Bonek-Bonita yang begitu luar biasa hanya untuk kepentingan bisinis semata. Tak perlu diragukan lagi loyalitas Bonek, sebut saja dimana lokasi  Persebaya berlaga tanpa komando mereka akan berbondong-bondong memnuhi stadion meskipun itu di daerah lawan. Tak cukup sampai disitu, Merchandise harga ratusan ribu pun akan dibeli dan tiket terusan harga jutaan pun akan ditebus. Memang keputusan akhir berada di tangan manajemen dan kami hormati itu karena sudah termasuk ranah manajemen klub tapi fatal sekali jika mengacuhkan suara suporter.

 

ALUMNUS INTERNAL DAN LOYALITASNYA

Masih ingat Francesco Totti berlaga untuk AS Roma di pentas eropa ? atau Paolo Maldini berlaga dengan jersey merah-hitamnya AC Milan ? Ya, mereka memberikan seluruh kemampuan, skill hingga jiwa raganya di lapangan hijau ketika membela tim kebanggaan masing-masing. Keduanya merupakan alumnus primavera dari AS Roma dan AC Milan. Mereka hanya berjanji setia membela klub kecintaannya sejak kecil hingga pensiun nanti meskipun godaan menggiurkan seperti uang dan trophy jika mereka mau pindah kesebelasan. Begitulah kira-kira analogi untuk mereka alumnus internal yang ingin membela Persebaya. Tak ada salahnya untuk memulangkan mereka jika itu masih realistis untuk dilakukan.

 

EVALUASI JIKA TAK ADA PRESTASI 

Apakah ingin terulang lagi kejadian di kompetisi kemarin ketika pemain Persebaya diberikan Shock Teraphy di depan apartemen ? Tentu semua pihak baik itu manajemen atau suporter tidak ingin hal itu terjadi kembali. Lebih tepatnya mungkin SADAR DIRI jika nanti skuad Persebaya tidak menghasilkan prestasi. Bukan drama-drama seperti ini lagi yang Bonek-Bonita butuhkan. Persebaya klub legenda yang lekat dengan prestasi bukan kontroversi.

 

Tak usah takut ditinggalkan oleh pendukungmu, mereka sudah teruji dengan baik-buruknya prestasi Persebaya bahkan Persebaya tak berlaga pun mereka tetap ada. Bukankah kita sudah berjanji sampai mati takkan mengkhianati selamanya dukung Persebaya ? Persebaya Buatlah Kami Bangga !

 

Salam Satu Nyali ! Wani ! (*)

error: Content is protected !!