MENAHAN EMOSI AGAR TAK BERUJUNG SANKSI DAN TERHINDAR DEGRADASI

Bekal Nekat Dan Wani Untuk Curi Poin Di Kandang Singa
October 6, 2018
TETAP SATU HATI WALAU BEDA MISI
October 19, 2018

TKS – Kompetisi tahun ini sedikit agak ” ramai ” dengan kejadian-kejadian yang ditimpa oleh klub-klub besar tanah air. Federasi nampaknya menunjukkan taringnya demi menegakkan slogan Liga 1 yaitu ” Sepakbola yang bersih dan Bermartabat “. Dimulai dari Persib Bandung yang dihantam sanksi berat akibat perlakuan biadab oknum pendukungnya kepada seorang Jak Mania hingga membuatnya tewas, Bobotoh dan Viking dilarang mendampingi tim kebanggaannya berlaga hingga paruh musim kompetisi 2019, Panpel Persib Bandung dihukum 2 tahun dan beberapa pemain kunci Persib dikenai larangan bertanding hingga beberapa pertandingan.

Tak berhenti di Persib Bandung, Arema FC pun tak luput dari sanksi meskipun tak seberat dibanding Persib. Sanksi untuk Arema FC bermula akibat perlakuan negatif suporternya kepada tim rivalnya Persebaya Surabaya. Mengintimidasi langsung pemain di area lapangan yang harusnya steril dari penonton hingga perobekan logo Persebaya. Hal ini berujung pada sanksi larangan Aremania mendampingi Arema FC berlaga hingga akhir musim serta sanksi seumur hidup dilarang  memasuki stadion untuk kedua suporter Yuli Sumpil dan Vandy.

Dari kedua sanksi untuk Persib dan Arema FC tersebut, setidaknya kita para pendukung Persebaya bisa mengambil kesimpulan bahwa hal-hal bodoh seperti itu jika dilakukan nantinya akan merugikan Persebaya baik itu dari segi finansial maupun moril. Kita berharap tentunya kejadian tersebut tidak akan menimpa Persebaya karena saat ini bajul ijo masih berjuang untuk menghindari zona degradasi dan membutuhkan dukungan penuh dari Bonek. Tersisa 2 laga berpotensi ” chaos ” di GBT yaitu menjamu Persija Jakarta dan Bhayangkara FC. Semua pihak tahu Persebaya memiliki sejarah buruk terhadap kedua tim tersebut. Tak bermaksud mengesampingkan rivalitas dengan klub lainnya, 2 laga tersebut menjadi ujian besar bagi Bonek apakah bisa menyikapinya secara dewasa atau justru sama saja dengan perilaku oknum tersebut.

 

Ya memang menahan emosi itu penting, agar tak berujung sanksi dan terhindar degradasi …

Salam Satu Nyali ! Wani ! (ep)

error: Content is protected !!