KALAHKAN DAN HANCURKAN SANG CALON JUARA, IKI SUROBOYO COK !

Pilih Sanksi Atau Tetap Mendampingi, BONEK ?
November 2, 2018
Jangan Tumpangi Bonek Dengan Kriminal
November 17, 2018

Persebaya Surabaya akan kedatangan tamu spesial pada pertandingan lanjutan pekan ke 29 Liga 1, tim tersebut ada Persija Jakarta. Pertaruhan nama besar kota, basis suporter besar dan fanatik dan sejarah kedua klub di kompetisi sepakbola Indonesia pasti sangat dinanti oleh para pecinta sepakbola Indonesia. Surabaya boleh menjadi kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta namun itu tidak berlaku untuk urusan sepakbola. Di era Liga Indonesia,  Persebaya Surabaya telah memenangkan kompetisi sebanyak 2 kali (Ligina III tahun 1996 dan Ligina X tahun 2004) sedangkan Persija baru menjuarai kompetisi sebanyak sekali yaitu pada Ligina VII tahun 2001. Memang hal tersebut tidak bisa dijadikan tolak ukur sepenuhnya karena kedua tim mempunyai prestasi yang cukup baik dipentas nasional maupun internasional.

Rivalitas kedua tim yang akan bertanding cukup besar, potensi permainan keras dan kasar pun tidak akan terhindarkan demi sebuah harga diri dan kebanggaan. Selain rivalitas dilapangan, rivalitas kedua suporter BONEK dengan The Jak Mania pun kerap kali terjadi, entah itu saat kedua tim bertemu atau hanya sekedar mengawal tim nya bertanding dengan tim lain. Kita masih ingat, beberapa bulan lalu dipertandingan putaran pertama saat Persija menjamu Persebaya di Bantul sebelum pertandingan dimulai sudah terjadi bentrok antar kedua supporter. Bentrokan tersebut tidak mereda malah semakin besar dan yang berakibat pertandingan tersebut ditunda. Beberapa pekan kemudian pertandingan dipindah ke stadion PTIK Jakarta. Bonek tidak diperbolehkan hadir mendukung tim Bajol Ijo karena pertandingan tersebut hanya bisa ditonton oleh para undangan dan undangan tersebut diberikan kepada The Jak Mania semata.

Didalam stadion sempat ada gesekan disaat suporter persija bertindak arogan dan bahkan memukul salah sesorang yang memakai atribut Persebaya. Tidak berhenti disitu, mereka yang ada ditribun penonton meneror pemain Persebaya dengan cara yang kurang terpuji yaitu dengan meludah ke para pemain Persebaya yang akan melakukan pemanasan. Mereka pun sangat puas dengan hal itu apalagi jarak antara tribun dengan akses ruang ganti pemain cukup dekat. Dengan peristiwa tersebut, Bonek yang merasa timnya diperlakukan tidak sopan oleh suporter tuan rumah pasti tidak menerima akan hal tersebut dan secara tidak langsung rivalitas supporter semakin memanas dan kedatangan Persija di Surabaya akan menjadi hal yang dinanti oleh para Bonek Mania.

Sudah banyak sanksi yang dijatuhkan oleh komdis PSSI bagi suporter maupun klub di Liga 1. Ada banyak hal yang mempengaruhi jatuhnya sanksi tersebut, mulai dari kericuhan antar suporter, tindakan suporter dalam mendukung tim didalam stadion (flare, pelemparan botol hingga koreo/lagu yang bernada rasis) yang bisa dibilang pihak panpel gagal dalam menjaga keamanan pertandingan. Dengan hal tersebut, Bonek dituntut dewasa, cerdas dan berwibawa dalam memberikan dukungan kepada Persebaya minggu besok. Pertandingan besar dan panas, pertandingan yang mempunyai rivalitas ini akan sangat berpotensi terjadi keributan apabila tidak ada komitmen, edukasi dan sosialisasi antar suporter dan pihak keamanan untuk bersama sama menjaga jalannya pertandingan ini. Mari kita sebagai Bonek bersama-sama kawal dan jaga pertandingan ini, jangan sampai ada keributan yang berujung sanksi karena sekecil apapun komdis pasti celah dimana letak kesalahan atau pelanggaran yang terjadi selama pertandingan.

Persebaya masih butuh dukungan Bonek, masih ada 6 laga yang masing masing 4 laga Home dan 2 Laga away yang akan dijalani Green Force untuk mengakhiri Kompetisi Liga 1 ditahun ini. Posisi Persebaya masih belum aman untuk dipastikan bertahan di tahun depan, persaingan tim-tim papan  bawah untuk keluar dari bayang bayang degradasi masih ketat. Oleh karena itu, dukung Persebaya dengan cara kreatif dan sportif agar kita semua masih bisa mendukung Persebaya sampai akhir kompetisi.

KALAHKAN PERSIJA KARENA MENANG ADALAH HARGA MATI. IKI SUROBOYO COK !!!

Salam Satu Nyali ! Wani ! (RWS)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

error: Content is protected !!