Berbenah Demi Sang Kebanggaan

Mantan Andalan Persebaya, Persembahkan Gelar Juara
February 10, 2019
Persebaya vs Persinga : Laga Yang Dipaksakan, Laga Yang Dirindukan
February 15, 2019

TKS – Tribun Kidul Suroboyo merupakan sebuah nama atau wadah bagi pendukung dan pecinta klub sepakbola asal Surabaya, Persebaya Surabaya. Awal mula terbentuknya berkaitan dari beberapa tokoh dan elemen yang ingin mempersolid dukungan dan menunjukkan kreatifitas yang berbeda terhadap tim dengan tetap menjaga tradisi asli arek-arek Suroboyo. Dalam hal ini diawali dari pengambilan nama, “Tribun Kidul” dinilai mewakili bahasa khas arek Suroboyo. Selanjutnya, dalam hal identitas juga diprioritaskan kepada ciri khas Surabaya, yaitu dengan atribut yang dominan hijau sebagai ikon kota Surabaya dan Persebaya itu sendiri. Dalam hal kreatifitas pun juga mengangkat ikon-ikon Surabaya, baik dalam Chant dukungan maupun koreo di Stadion.

Saat ini di Tribun Kidul bisa dikatakan sudah menjadi keluarga besar. Ya, kerena sekarang sudah mewadahi beberapa komunitas suporter yang telah berkomitmen dan satu suara dalam memberikan dukungan kepada Green Force. Komunikasi dan koordinasi dalam suatu hal juga sering diadakan demi menjaga silaturahmi antar komunitas agar apa yang diperbuat bisa lebih baik dan maksimal untuk klub yang dicintai.

Setelah terbentuk dan seiring berjalannya waktu, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan dalam mendukung tim. Jika kemarin masih ada beberapa yang belum maksimal dalam menjaga identitas tribun maka kedepan perlu dikampanyekan untuk lebih mengedepankan identitas tersebut. Salah satunya yaitu diwajibkan untuk seluruh penghuni Tribun Kidul untuk mengenakan Atribut dengan warna Hijau saat mendukung tim kebanggaan. Hal ini dirasa perlu karena sesuai dengan apa yang telah disepakati untuk lebih menjaga ciri khas dan marwah Surabaya dan Persebaya. Selain itu himbauan juga diberikan kepada dulur-dulur ketika berada di tribun untuk tidak berada di pagar tribun. Selain demi keselamatan juga agar estetika dan menjaga harmonisasi tribun itu sendiri.

Dalam meningkatkan peran serta dari komunitas yang ada, kedepan juga diwajibkan bagi seluruh komunitas yang tergabung untuk berpartisipasi dalam hal kreatifitas. Selain dengan kontribusi materi, juga diwajibkan untuk membuat Giant Flag yang berisi lambang dan slogan penyemangat tim. Juga diharapkan dari setiap komunitas untuk mengutus perwakilan anggota untuk menjadi pengibar Giant Flag di tribun. Dengan ini diharapkan kedepan akan lebih baik dan maksimal dalam memberikan dukungan dan semangat kepada tim Bajol Ijo. Mari bersama berbenah, belajar dan menjaga persaudaraan dalam satu ikatan, satu seperjuangan, satu naungan yaitu di bawah nama besar Persebaya Surabaya.

Keep strong, loyal and solid for Persebaya. Wani ! (AM)

error: Content is protected !!